Skip to content

Faisal Basri Dukung Jokowi Jadi Presiden RI

Jakarta – Pengamat ekonomi yang menjadi juga pesaing Joko Widodo (Jokowi) saat memperebutkan jabatan Gubernur DKI Jakarta, Faisal Basri, menyatakan dukungannya pada Jokowi untuk maju menjadi presiden pada Pemilu 2014.

Faisal seusai focus group discussion (FGD) Pajak Sebagai Modal Pembangunan yang diselenggarakan Perhimpunan Jurnalis Indonesia DKI Jakarta, Kamis (1/8), mengatakan tahun depan adalah saat yang tepat bagi Jokowi untuk maju sebagai Presiden.

“Jangan tunggu 2019, karena itu sudah terlambat. Sekarang saat yang tepat untuk maju,” kata Faisal.

Dia mengingatkan bahwa dirinya merupakan pesaing saat pemilukada DKI lalu, tetapi saat ini Faisal secara obyektif menilai Jokowi adakah sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan.

Dijelaskannya, memimpin DKI relatif sulit saat ini karena sumber daya yang dimiliki terbatas pegawai pemerintah daerah yang itu-itu juga.

Sementara jika jadi presiden, maka Jokowi bisa memilih 30-an menteri yang baik dan bagus untuk mengubah wajah Indonesia saat ini.

Ketika ditanya sikap Jokowi yang masih belum menyatakan kesediaannya untuk jadi Presiden, Faisal menilai sikap itu sudah tepat untuk saat ini karena dengan sikap seperti itu pun sudah banyak yang berusaha menjegalnya.

Ketika ditanya tentang aksi Jokowi yang blusukan ke pelosokan Jakarta, Faisal menyatakan itu adalah cara yang tepat untuk mengenal Jakarta, karena Ibukota memerlukan pemahaman yang mendalam, tidak sekadar laporan dari aparat Pemda.