Ketua Fraksi Hanura Ancam Mundur dari Komisi III Jika Ruhut Jadi …

Jumat, 20/09/2013 15:51 WIB

Jakarta – Pengajuan Ruhut Sitompul agar menjadi ketua komisi III menuai penolakan dari beberapa anggota komisi III. Ketua Fraksi Hanura Syarifudin Sudding yang duduk di Komisi III menyatakan siap mundur jika Ruhut jadi dilantik.

“Saya pribadi menilai belum layak dipimpin oleh Ruhut, saya akan mempertimbangkan keluar dari komisi III,” kata anggota Fraksi Hanura Syarifudin Sudding di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (20/9/2013).

“Tanpa harus saya sebutkan Ruhut seperti apa, pasti anda tahu dan paham,” imbuhnya.

Ia menuturkan, soal penetapan ketua komisi III adalah hak fraksi namun yang perlu mendapat persetujuan komisi sebagaimana diatur tatib DPR Pasal 52 ayat 6 dan UU MD3 pasal 95 ayat 2 dan 3.

“Penetapan komisi harus secara musyawarah mufakat. Kalau kita sepakat, ya jadi ketua, kalau anggota tidak sepakat maka akan voting,” ujarnya.

Sudding menyatakan, penolakan terhadap pengusulan Ruhut Sitompul sebagai ketua komisi juga muncul dari internal fraksi, namun tidak terang-terangan.

“Mayoritas, suara yang muncul (menolak). Tidak sebatas di luar fraksi, tetapi di dalam fraksi Demokrat sendiri juga ada. Tapi mereka tidak berani ngomong kan,” ucapnya.

Ia berharap fraksi Demokrat mengusulkan nama lain untuk jadi ketua komisi III, karena komisi hukum itu strategis dengan beberapa UU seperti KUHP, UU MA, dan UU Kejaksaan.

“Silahkan Fraksi Partai Demokrat saya harap mereka bisa melihat anggota-anggota di komisi III, tapi kami jangan diberikan orang yang penuh dengan kontroversi. Saya ingin menjaga marwah komisi III, saya tidak ingin komisi ini menjadi komisi badut,” kata Sudding.

Simak rangkuman beragam berita penting dan menarik sepanjang hari ini di “Reportase Malam” pukul 00.40 WIB Hanya di Trans TV

(bal/van)



Sponsored Link

news.detik.com