Skip to content

KPU Sosialisasikan Pemilu di Hadapan 15 Ribu WNI di Singapura

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik dan Komisioner KPU, Ida Budhiati, mensosialisasikan Pemilu 2014, kepada warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Singapura, Minggu lalu (1/9).

Dalam kegiatan sosialisasi itu hadir sekitar 15.000 WNI dari beragam profesi.

Kegiatan tersebut dilakukan berbarengan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-68. Panitia juga menghadirkan panggung hiburan untuk membuat acara sosialisasi tersebut lebih santai.

Dalam acara tersebut Husni mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD, 9 April 2014.

Namun sebelum itu, lanjut dia, WNI harus memastikan dirinya terdaftar sebagai sebagai pemilih.

“Pastikan dulu nama Anda sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih. Kalau belum, silahkan langsung mendaftar ke PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri, red) Singapura,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (2/9).

Duta Besar RI di Singapura, Andri Hadi mengatakan, sosialisasi Pemilu untuk WNI di Singapura sangat penting, karena pelaksanaan pemungutan suara sudah dekat. Berdasarkan data PPLN, hingga Juli 2013, petugas sudah berhasil melakukan pemutakhiran data pemilih sebanyak 110.000 orang.

“Dengan adanya sosialisasi yang semakin intensif, diharapkan masyarakat makin bersemangat untuk ikut Pemilu 2014,” ujarnya.

Sesuai jadwal, perbaikan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) harus sudah selesai paling lambat 15 September 2013. Sementara penetapan DPTLN dilaksanakan paling lambat 23 September 2013. Penyampaian Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) kepada KPU, dan tembusannya kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia paling lambat 8 Oktober 2013.

Banyak cara yang dilakukan petugas di luar negeri untuk melakukan pemutakhiran data pemilih yakni mendatangi Pemilih, menghubungi Pemilih melalui telepon, mengirim surat kepada Pemilih melalui pos, mengirim surat elektronik kepada pemilih, mengumpulkan Pemilih di Kantor Perwakilan RI, mengumumkan data Pemilih di laman Kedubes RI dan cara lain yang dapat dipertanggungjawabkan.

www.beritasatu.com

3 Comments

  1. KPU Sosialisasikan Pemilu di Hadapan 15 Ribu WNI di Singapura http://t.co/7znKKA6wpV

    Monday, September 2, 2013 at 7:56 PM | Permalink
  2. @H4BIBULLAH wrote:

    RT @Presiden2014com: KPU Sosialisasikan Pemilu di Hadapan 15 Ribu WNI di Singapura http://t.co/7znKKA6wpV

    Monday, September 2, 2013 at 8:04 PM | Permalink
  3. RT @Presiden2014com: KPU Sosialisasikan Pemilu di Hadapan 15 Ribu WNI di Singapura http://t.co/7znKKA6wpV

    Monday, September 2, 2013 at 8:23 PM | Permalink