Skip to content

Peserta Konvensi Capres Demokrat Membengkak Jadi 15 Orang

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Komite Konvensi Capres Partai Demokrat, Senin (19/8/2013), malam kembali membahas usulan nama-nama tokoh nasional peserta konvensi capres Demokrat.

Nama-nama peserta konvensi jumlahnya cukup banyak, membengkak hingga  15 orang dari sebelumnya 11 orang dimana 5 orang diantaranya adalah kaum perempuan.

“Rapat akan dilanjutkan malam ini,” kata Juru Bicara Komite, Rully Charis, ketika dikonfirmasi, Selasa (20/8/2013) pagi.

Menurut dia sesi pembahasan nama ini cukup dinamis karena setiap nama diuraikan oleh pengusul dari rekam jejaknya, kompetensinya sampai informasi-informasi lain yang menunjang kepantasan yang bersangkutan untuk dicalonkan sebagai peserta konvensi. Setelah itu para anggota konvensi yang lain menanggapi.

“Proses ini ternyata membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan. Namun komite sepakat untuk tidak terburu-buru karena proses ini cukup penting dan krusial,” kata dia.

Rully berharap rapat lanjutan nanti malam dapat diakhiri dengan pengambilan keputusan yang diupayakan musyawarah untuk mufakat tadi masing-masing nama.

“Namun jika tidak tercapai mufakat, maka mekanisme voting akan diambil sebagai penentu akhir,” kata dia.

Dijelaskan, malam ini Komite akan mengetahui kesediaan semua kandidat Capres peserta konvensi.

“Kita selesaikan dulu keseluruhan nama untuk dikirimkan undangan bersamaan. Tinggal diatur urut-urutan pre session berupa perkenalan dan tanya jawab satu persatu,” kata dia.

Diperkirakan proses pre session akan berlangsung 2 sampai 3 hari.

“Mohon diingat, tidak semua 15 nama itu pasti lolos sesuai dengan prosedur yang sudah diterangkan sebelumnya,” kata dia.

Mengenai 15 nama capres peserta konvensi, Rully mengaku belum bisa menjelaskan satu per satu.

“Saya belum bisa komentari secara khusus nama-nama calon peserta karena menyangkut kode etik komite. Tapi prinsipnya, jika siapapun disetujui komite dalam rapat nanti malam akan segera dikirimkan undangan resmi. Kita perkirakan undangan resmi dapat dikirimkan sebelum akhir pekan ini,” kata dia.

www.tribunnews.com