Rustriningsih, Alternatif Ketua PDIP Jateng

SEMARANG, suaramerdeka.com – Daripada membebani Ganjar Pranowo dalam tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah, PDIP lebih baik mencari kader lain untuk menjabat ketua dewan pimpinan daerah (DPD). Salah satu yang layak dikedepankan ialah Wakil Gubernur Rustriningsih.

Pengamat Politik Universitas Diponegoro Budi Setyono mengatakan, mendudukkan Ganjar sebagai ketua DPD PDIP Jateng adalah suatu kemunduran. Sebab kader yang sudah berhasil menduduki jabatan di eksekutif seharusnya tidak kembali mengurusi partai. Selain menambah beban kerja, juga akan memunculkan dualisme kepentingan.

“Sebagai pejabat eksekutif harus netral melindungi semua elemen masyarakat, termasuk kader parpol lain. Jadi Mas Ganjar harus menepis wacana ketua DPD itu,” katanya, Kamis (25/7).

Di internal PDIP Jateng juga ada tokoh yang bisa dimunculkan. Diantaranya, Walikota Tegal Ikmal Jaya, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Bupati Kudus Mustofa, Wakil Ketua DPD Nuniek Sriyuningsih, dan Sekretaris DPD Agustina Wilujeng. Selain keduanya, PDIP juga bisa mengangkat lagi nama Rustriningsih yang selama ini terkesan dikucilkan oleh PDIP.

Dengan memunculkan Rustri, menurut Budi, akan menjadi langkah konsolidasi yang bagus untuk partai berlambang kepala banteng ini. Pendukung Rustri yang masih banyak di daerah bisa kembali memperkuat PDIP dan memenangkan Pemilu 2014.

“Rustri adalah solusi cerdas untuk konsolidasi dan islah para kader. Apalagi setelah ini beliau tidak ada jabatan lagi di eksekutif, jadi bisa total mengurus partai,” katanya.

Tapi pada dasarnya siapapun yang jadi ketua DPD, lanjut Budi, harus memperhatikan dua hal. Pertama, musyawarah daerah untuk memilih ketua DPD harus digelar secepatnya. Sebab Pemilu 2014 sudah didepat mata sehingga jika waktunya terlalu mepet dikhawatirkan akan kontraproduktif terhadap partai. “Orang-orang yang tidak terpilih bisa bikin masalah,” katanya.

Selain itu, ketua DPD haruslah sosok yang mengerti visi misi Ganjar. Sebab ketua DPD adalah komandan lapangan yang akan melaksanakan program-program Ganjar sebagai gubernur.

( Anton Sudibyo / CN34 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad