Skip to content

Siapkan Penghitungan Cepat Hasil Pemilu 2014, KPU Belajar ke … – Detikcom

Selasa, 02/07/2013 17:03 WIB

Jakarta – Salah satu program Komisi Pemilihan Umum (KPK) untuk Pemilu dan Pilpres 2014, adalah menyajikan hasil hitung cepat dan akurat tentang hasil sementara perolehan suara setiap konstestan kepada masyarakat. Sebagai persiapannya, mereka mempelajari sistem milik Instituto Federal de Electroral (IFE) Meksiko yang dinilai berhasil.

“Kami akan belajar dan berbagi pengalaman dalam hal quick count yang efektif dan efisien,” kata komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, di Hotel Borobudur, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Hal tersebut disampaikannya usai menandatangani nota kerjasama dengan IFE Meksiko. Nota kerjasama yang juga mencakup bidang publikasi hasil pemilu dan pilpres tersebut, dia tandangani bersama Manager Political and Communication Analysis Data IFE, Karina Sanchez.

Di dalam kesempatan tersebut, Karina menyatakan terimakasih karena lembaganya dinilai telah berhasil dalam melakukan hitung cepat hasil pemilihan suara. Keberhasilan dalam mengumpulkan data yang cepat dan akurat dari seluruh penjuru negeri tersebut, tidak lepas dari dukungan pihak di luar lembaga penyelenggara pemilu di Meksiko itu.

“Yang melakukan itu adalah pihak di luar kami, ada para ahli dan akademisi yang independen sehingga masyarakat yakin dengan akurasinya,” papar Karina dalam bahasa Inggris.

Penandatanganan nota kerjasama ini berlangsung di sela pelatihan rekapitulasi dan publikasi hasil pemilu. Selain dari KPU Indonesia dan Meksiko, kegiatan juga menghadirkan perwakilan dari Thailand dan Korea Selatan yang juga belum lama ini menyelenggarakan pemilihan umum.

Legenda Pemain Sepakbola Diego Maradona Siap Melatih Indonesia. Nantikan Informasi Selengkapnya di “Reportase Malam”, Pukul 01.40, WIB hanya di TransTV

(rvk/lh)



Sponsored Link